SPECIAL EDUCATION PROGRAM

WhatsApp Image 2020-11-23 at 10.50.47 AM

SLB Daya Pelita Kasih

Sekolah Luar Biasa (SLB) diperuntukkan bagi Anak Berkebutuhan Khusus agar bisa mendapatkan layanan dasar yang bisa membantu mendapatkan akses pendidikan.

DPK Center tergolong sebagai SLB C, dimana sekolah ini ditujukan untuk tunagrahita atau individu dengan intelegensi yang di bawah rata-rata serta tidak memiliki kemampuan adaptasi sehingga mereka perlu mendapat pembelajaran tentang bina diri dan sosialisasi. Mereka cenderung menarik diri dari lingkungan dan pergaulan.

WhatsApp Image 2020-11-28 at 4.53.31 PM

Sekolah Dasar

  • Untuk anak berusia 7 – 12 tahun
  • Kelas dibatasi untuk 6 (enam) murid

Program ini akan fokus pada pengembangan fisik, sosial, emosional, dan kognitif. Program ini memiliki dua prinsip dasar. Pertama, anak-anak didorong untuk terlibat dalam pengembangan diri secara psikologis menggunakan interaksi dengan lingkungan mereka. Kedua, bertujuan untuk pengembangan bahasa, penyempurnaan sensorik, dan perilaku sosial.

Melalui integrasi keterampilan motorik, para siswa akan belajar menggunakan otot-otot lengan dan tangan mereka dan mengembangkan kekuatan pada otot-otot penting, untuk membantu menjadi mandiri dalam kehidupan sehari-harinya.

WhatsApp Image 2020-11-28 at 11.05.24 AM

Sekolah Menengah Pertama

  • Untuk anak berusia 13 – 15 tahun
  • Kelas dibatasi untuk 8 (delapan) murid

Program ini akan berfokus dalam membuat siswa untuk aktif, yang pada akhirnya meningkatkan prestasi mereka dalam membaca, pemahaman, berpikir kritis, menulis, berbicara dan mendengarkan. Ini juga membantu mereka mengembangkan kompetensi dan keterampilan sosial dan emosional, yang penting untuk digunakan di sekolah dan kehidupan.

WhatsApp Image 2019-12-11 at 12.32.33 (1)

Sekolah Menengah Atas

  • Untuk anak berusia 17 – 20 tahun
  • Kelas dibatasi untuk 10 (sepuluh) murid

Program ini berfokus pada keterampilan hidup sehari-hari untuk memastikan siswa/i berkembang sesuai jadwal, kebiasaan, dan rutinitas, yang tidak hanya menciptakan perasaan aman tetapi juga membantu siswa/i untuk belajar mengendalikan diri dan fokus. Ini termasuk interaksi pribadi dengan sentuhan tinggi setiap hari untuk membangun keterampilan sosial-emosional yang sehat, termasuk kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang lain.

WhatsApp Image 2018-01-19 at 12.16.18 (3)

Program Transisi

  • Untuk anak berusia 18 – 25 tahun
  • Kelas dibatasi untuk 8¬†(sepuluh) murid

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa/i menghadapi kehidupan di luar lingkungan sekolah dengan percaya diri dan mandiri.

Siswa/i akan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain di lingkungan mereka dengan menempatkan pesanan, membuat permintaan dan membeli barang. Siswa/i juga akan belajar bagaimana mengakses fasilitas dan mempraktikkan berbagai keterampilan hidup mandiri seperti berdandan, berbelanja, dan menyiapkan makanan.

Prosedur Pendaftaran

Alur pendaftaran calon siswa/i di Daya Pelita Kasih Center

Wawancara Awal

Orangtua membuat janji ketemu untuk wawancara awal. Di sini kami akan mengidentifikasi kebutuhan anak dan layanan yang akan kami berikan.

Assessment

Appointment untuk Assessment dan Observasi calon siswa/i.

Hasil Assessment

Di sini kami akan menyampaikan hasil dari Assessment dan Observasi, beserta dengan program yang akan kami berikan kepada calon siswa/i.

Keputusan/ Penempatan

Kami akan menyampaikan keputusan apakah calon siswa/i bisa kami terima/tidak berdasarkan hasil observasi dari tim kami.

Info Lebih Lanjut / Pendaftaran

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan, program, fasilitas, pendaftaran, dan lainnya, silahkan untuk menghubungi kami melalui tombol “Kontak Kami”