Melalui Program Bakat Ketrampilan Murid Dapat Dikembangkan

KETIKA mendengar istilah anak berkebutuhan khusus, sebagian orang akan beranggapan bahwa mereka adalah individu yang memiliki keterbatasan, kelainan, kecacatan, tidak dapat menghasilkan sesuatu sehingga menjadi beban bagi keluarga dan bahkan masyarakat sekelilingnya. Dari sudut pandang tertentu mungkin bisa dilihat seperti itu.

Namun di sisi lain, kekhususan yang ada pada diri anak-anak ini justru merupakan keunikan, keistimewaan, dan kejujuran yang hakiki. Itulah anugerah luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada mereka.

Khususan yang ada pada diri mereka membuka mata hati serta langkah dan tindakan kita sebagai orang tua, pendidik dan masyarakat pemerhati untuk memberikan pendidikan yang tepat dan penuh kasih, pembimbingan yang terarah dan pengembangan kemampuan dan bakat terpendam mereka.

Daya Pelita Kasih Center merupakan salah satu lembaga Pendidikan, terapi dan pelatihan bagi siswa-siswi yang memiliki gangguan belajar tingkat ringan hingga berat, autism, ADHD/ADD, cerebral palsy, down syndrome dan sebagainya dengan program yang disesuaikan dengan kemampuan individual anak dan dikelompokkan sesuai tingkat usia mereka. Dalam Program Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan, siswa akan ditempatkan dalam Program Pelatihan Kerja (Work Training Program) dan Program Penempatan Kerja (Work Placement Program).

Dalam mengaplikasikan programnya, Daya Pelita Kasih Center tidak hanya terfokus pada terapi, pelatihan dan pendidikan bersifat akademis, tetapi juga non-akademis seperti musik, melukis (painting), handicraft. Melalui program tersebut, diharapkan bakat dan ketrampilan siswa dapat dipupuk dan dikembangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *