Joceline: Gitar, Instrumen Paling Sulit untuk Anak Berkebutuhan Khusus

GITAR bisa menjadi intrumen pilihan utama bagi para musisi pemula karena dianggap mudah dipelajari. Namun menurut para pakar musik, gitar adalah instrumen yang paling sulit dipelajari oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Joceline Mardella Wardana, mengajar individu berkebutuhan khusus di Daya Pelita Kasih Center.

“Terutama karena permainan gitar membutuhkan gaya pembelajaran yang struktur sedangkan anak berkebutuhan khusus cenderung bermain secara acak. Hal yang paling sulit bagi anak berkebutuhan khusus dalam bermain gitar adalah menghapal chord,” ujar Jocelin.

Dikatakan, saya pun mempunyai metode mengajarkan gitar yaitu pertama dengan pengenalan chord dawai gitar satu persatu, setelah itu mengenal chord dengan memberi memberi warna-warni pada grip gitar, agar memudahkan memainkan nada gitar dan biasanya dengan nada lagu yang mudah: C dan G, itu pun di ulang-ulang hingga si anak hafal betul untuk perpindahan nada pada satu lagu tertentu.

“Hal yang paling mengesankan bagi saya adalah anak-anak sangat anthusias sekali untuk belajar gitar, bahkan mereka sambil bernyanyi bak seolah seorang musikus terkenal, yah itulah anak-anak dan juga karena anak-anak disini pula banyak memberikan saya inspirasi dalam memaknai hidup ini,” katanya.