DayaPelitaKasih.org

Harry Bern: Hasil Pulasan Warna Lukisan Murid DPK Membanggakan

PAMERAN lukisan dan karya seni di Sekolah Daya Pelita Kasih Center sangat istimewa dan membanggakan. Merupakan sebuah anugerah bagi kami, karena di sini menyediakan tempat hasil kreasi dan karya seni Daya Pelita Kasih Center sebagai sekolah Anak Berkebutuhan Khusus.

“Lukisan anak didik kami banyak dikoleksi penikmat seni dari dalam dan luar negeri, diantaranya Inggris, Belanda, Australia, Singapore, Malaysia, dan Amerika. Bahkan, satu karya seni Mahadana Trayusa dibawa dan dipamerkan keliling Eropa oleh Beatrize Chivite, mantan Atase Kebudayaan Kedutaan Spanyol di Jakarta 2018 lalu. Selain itu, Jane Gabriella berhasil menjadi Finalis UOB Painting Competition 2017, serta Diego Luister Berel berpartisipasi di acara di kediaman YM. Duta Besar Inggris untuk Indonesia di Jakarta pada tahun 2017,” ujar Harry Bernadi.

Dikatakan, khusus Visual Arts, program pembelajaran kami adalah Drawing, Painting, Pottery (ceramics), Art & Craft,  Art Digital dan Batik. Dalam pembelajarannya, kami lebih menekankan pada Art Therapy, yaitu untuk sarana terapi bagi motorik halus dan kasar. Mereka juga belajar seni untuk leisure, untuk dapat menyalurkan ekspresi dan emosi psikologis.

Kami menyadari, lanjut Harry bahwa setiap anak adalah spesifik, unik dan  berbeda satu sama lainnya. Untuk itu, lukisan yang dihasilkannya juga beragam, sesuai dengan karakter dan spesifikasi anak. “Kami tidak berpijak pada satu aliran, karena  karya seni mereka adalah ungkapan ekspresi jiwa sebagai sarana berkomunikasi dengan khalayak. Mereka melukis tidak sekedar menorehkan warna diatas kanvas, namun mempunyai makna sebagai luapan saat marah, gembira, rindu, cemburu, kesendirian bahkan pada beberapa anak mampu merekam peristiwa lampau dan akan datang,” ungkapnya. [red]

dp_admin

Add comment